Mahasiswa Baru, Ini Tips Raih IPK Tinggi Di Semester Awal

MANGGUMEDIA.COM - Memiliki nilai IPK yang tinggi merupakan harapan banyak mahasiswa terlebih mahasiswa baru. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan seorang mahasiswa dalam menempuh pendidikan kuliah.

Untuk mendapatkan nilai IPK yang memuaskan, mahasiswa tentu tidak hanya duduk manis sambil membaca buku. Perlu usaha yang susah gampangnya akan dijalani demi untuk mendapatkan IPK tinggi. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan IPK tinggi adalah dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Pilih Bangku Paling Depan


Ketika kamu mengambil posisi duduk paling depan, maka akan besar kemungkinan kamu akan lebih mudah dan cepat menangkap materi yang diberikan oleh dosen. Tidak hanya itu, bonusnya lagi kamu akan mudah dikenali oleh dosen di antara mahasiswa lainnya yang di mana hal itu bisa menambah nilai tambah bagimu.

BACA JUGA: 5 Tips Memilih Kos Untuk Mahasiswa Baru

2. Selalu Aktif di Kelas

Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang selalu aktif di kelas. Ajukan pertanyaan saat kamu merasa tidak paham dan dengan begitu pula dosen akan merasa diperhatikan. Tidak sedikit dosen yang suka memberi nilai tambah kepada mahasiwa yang rajin bertanya atau memberi tanggapan dari pelajaran yang dibahas. Selain itu berikan respon yang positif apabila dosen ada bertanya, meminta bantuan dan sebagainya saat proses pembelajaran.


3. Taat Deadline


Bagaimana pun bentuk tugasnya usahakanlah untuk tepat waktu mengumpul tugas. Semakin kamu cepat mengumpul tugas, hal ini akan memudahkan dosen untuk melakukan penilaian. Hindari menunda-nunda tugas yang dapat mengakibatkan kamu menjadi malas untuk mengerjakannya sehingga hasil kerjamu tidak maksimal.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan IPK tinggi di awal semester. Perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam menghabiskan waktu untuk belajar agar kesehatan fisik dan tubuhmu tetap terjaga.







Sumber gambar: finansialku[dot]com

0 Komentar