Jangan Salah Jurusan Lagi, Pertimbangkan 3 Hal Ini




MANGGUMEDIA.COM - Seperti kita membaca buku selain membaca sinopsis, kita mesti membaca terlebih dahulu bagian daftar isi untuk mengetahui apa saja isi buku tersebut. Begitu juga saat kita memilih jurusan, tidak semerta-merta hanya mengetahui informasi secara umum saja, akan tetapi mesti keseluruhan informasinya.

Karena itu untuk memudahkan memilih jurusan di perguruan tinggi, kalian sangat dianjurkan untuk mempertimbangkan 3 hal di bawah ini sebelum memutuskan memilih jurusan agar masalah salah jurusan tidak terulang kembali.
1. Pilihlah Jurusan yang Paling Dikuasai

Utamakan jurusan yang bidangnya paling kalian kuasai bukan kalian sukai. Apalagi hanya sekedar untuk tunjuk dahi ke orang-orang. Misalnya dengan alasan karena jurusan terpandang, mudah cari kerjanya, masa depan cerah, dan lain-lain. Sebenarnya jurusan pun bukanlah tolok ukur kesuksesan seseorang meraih masa depan. Namun kembali kepada masing-masing orang bagaimana seseorang mau memperjuangkan jurusannya tersebut.

2. Pertimbangkan Poin Plus dan Minus Jurusan

Tidak sedikit mahasiswa yang akhirnya pindah-pindah jurusan demi mencari jurusan yang paling tepat menurutnya. Berbagai alasan bermunculan mulai karena alasan tidak betah, bertambahnya beban pembiayaan kuliah, kelelahan menghadapi praktek dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebelum terlambat, kalian mesti di awal-awal sudah membuat daftar apa saja yang menjadi poin plus dan minus pada jurusan yang akan kalian pilih nanti.

3. Konsultasikan Jurusan

Konsultasikan jurusan pilihan kalian kepada ahlinya agar kalian mendapatkan bahan pertimbangan yang akan mendukung pilihan jurusan kalian. Kalian bisa berkonsultasi dengan berbicara mulai dari orang-orang terdekat misalnya orang tua, kakak, teman atau langsung kepada ahlinya.

Bagaimana sudah yakin dengan jurusan yang kalian akan pilih? Semoga dengan mempertimbangkan 3 hal tadi dapat memudahkan kalian dalam memilih jurusan dan pastinya kalian bisa sampai berhasil lulus masuk jurusan tersebut.


0 Komentar