3 Perbedaan Pendidikan Sarjana dan Vokasi

MANGGUMEDIA.COM - Setelah lulus dari sekolah menengah, kalian akan dihadapkan dengan beragamnya pilihan studi di jenjang lanjutan. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya apakah harus S1 atau D3?
Namun sebelumnya apakah kalian sudah tahu apa perbedaan dari sarjana dengan D3? Gelar S1 biasa dinamakan dengan pendidikan sarjana sedangkan D3 biasa dinamakan sebagai pendidikan vokasi.
Terus apa bedannya antara pendidikan sarjana dan pendidikan vokasi? Untuk tahu jawabannnya berikut langsung saja kita simak bersama-sama informasinya di bawah ini.

BACA JUGA: Jangan Salah Jurusan Lagi, Pertimbangkan 3 Hal Ini

1. Waktu Studi

Progam sarjana memiliki waktu studi lebih lama dibandingkan pendidikan vokasi. Pendidikan ini bisa berjalan mulai dari 3,5 tahun hingga maksimal 7 tahun. sedangkan pendidikan vokasi lebih singkat yakni bisa hanya 1 tahun (D1) hingga 4 tahun (D4).

2. Kurikulum

Dilihat dari segi kurikulum juga berbeda di mana progam sarjana biasa mempelajari teori secara lebih sedangkan praktek lebih sedikit. Sebaliknya progam vokasi lebih banyak mengutamakan penerapan teori alias praktik dari pada hanya sekedar belajar teori.

3. Gelar yang Diperoleh

Gelar yang akan disandang bagi lulusan progam sarjana akan mendapatkan gelar yang berbeda tergantung dari jurusan yang mahasiswa ambil. Misalnya, S.Sos yang merupakan kepanjangan dari Sarjana Sosial, Sarjana Teknik (S.T.), Sarjana ), Sarjana Farmasi (S.Farm), Sarjana Hukum (S.H.) dan lain sebagainya.

Adapun gelar dari lulusan progam vokasi biasanya terdiri dari D1, D2, D3 dan D4. Contohnya sebagai berikut :

- D1 atau Ahli Pratama (A.P)

Contoh : Ahli Pratama Pelayaran (A.P.Pel)

- D2 atau Ahli Muda (A.Ma.)

Contoh : Ahli Muda Pelayaran (A.Ma.Pel)

- D3 atau Ahli Madya (A.Md.)

Contoh : Ahli Madya Kepolisian (A.Md. Pol)

- D4 atau Sarjana Sains Terapan (S.Tr)

Contoh : Sarjana Terapan Akuntansi (S.Tr.Ak)

Demikian tadi 3 perbedaan antara pendidikan sarjana dan pendidikan vokasi yang sudah kita ketahui. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kalian yang akan berniat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Nahh kalian mau masuk Pendidikan Sarjana atau Vokasi nihh?


kalian mau dapet beasiswa hanya dengan beli buku saja?  dimana lagi coba kalau bukan di PenerbitManggu beli buku ajah satu bisa dapet beasiswa loh😊.  Ayo beli bukunya sekarang juga!!


Sumber gambar : Pixabay.com


0 Komentar