Pentingnya Membaca Buku Setiap Hari Demi Kesehatan Mental dan Fisik

 

sumber gambar: pixabay

Membaca buku bukan hanya perkara menambah wawasan saja akan tetapi membaca buku setiap hari dapat menjaga fungsi otak serta meringankan gejala stres, merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat terhadap kesehatan mental dan fisik anda. Jadi kapan terakhir kali anda membaca buku? Jika sudah terlalu lama maka segeralah membaca buku supaya tidak kehilangan manfaat membaca buku berikut ini.

Memperkuat Otak

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa membaca buku melibatkan jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks dalam otak. Hal inilah yang menyebabkan otak semakin kuat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Rutin membaca buku sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, disarankan buku yang dibaca adalah buku fiksi agar ringan serta menghibur.

Meringankan Gejala Depresi

Buku dapat mengalihkan pikiran seseorang dari pikiran buruk. Biasanya orang dengan gejala depresi merasa terasingkan dan terisolasi, maka dari itu buku dapat mengalihkan perasaan tersebut.

Meringankan Stres

Sekelompok peneliti pernah meneliti terkait hal ini, hasilnya membaca buku 30 menit dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan perasaan tertekan. hal ini sebanding dengan yoga.

Menambah Kemampuan Berbahasa

Ketika membaca buku terdapat banyak kosakata, dan anda mungkin akan menemukan kosakata baru sehingga akan menambah kemampuan berbahasa.



Meningkatkan Rasa Empati

Empati merupakan hal yang penting untuk memelihara hubungan bersosial, jika seseorang sering membaca buku fiksi sastra akan memiliki rasa empati yang tinggi dan dapat memahami perasaan orang lain.

Cegah Penurunan Fungsi Kognitif

Seorang lansia yang rajin baca buku justru fungsi kognitifnya kian meningkat dibandingkan lansia lain yang tidak membaca buku. Namun belum ada bukti yang meyakini bahwa membaca buku dapat mencegah penyakit seperti Alzheimer.

BACA JUGA: Meraih Ketentraman Jiwa Mudah atau Sulit?

Itulah manfaat membaca buku, semoga artikel ini dapat memberi motivasi supaya anda segera membaca buku.



0 Komentar