Keuntungan Investasi di Pasar Modal

 


MANGGUMEDIA.COM - Pasar modal sebagai salah satu instrumen, alat, atau sarana investasi. Dari yang namanya investasi tentu akan memberikan keuntungan bagi investor. Keuntugan yang bisa diraih oleh investor, berpotensi meningkatkan kekuatan finansial.

Sebelum Anda memulai investasi di pasar modal, tentunya Anda harus tau juga mengenai keuntungannya. Sehingga dapat dijadikan sebagai pacuan atau motivasi bagi Anda dan lebih menyakinkan lagi untuk berinvestasi di pasar modal.

Nah…, simak keuntungan-keuntungan investasi di pasar modal berikut ini:

1. Dapat Digunakan Sebagai Jaminan

Mungkin sampai saat ini Anda baru tau bahwa kepemilikan saham di salah satu perusahaan dapat dijadikan jaminan dalam pengajuan utang ke bank. Ternyata itu bisa. Selama ini sebagian dari kita hanya tau bahwa jaminan pengajuan pinjaman harus dengan sertifikat tanah atau BPKB kendaraan. Padahal kepemilikan saham juga bisa. Makanya, investasi di pasar modal memiliki keuntungan yang sangat luas dan fleksibel.

 

2. Kenaikan Nilai Modal yang dimiliki (Capital Gain) Tingkat Keuntungan yang Relatif Tinggi

Investasi di tanah saja bisa memiliki kenaikan nilai. Jika Anda beli sebidang tanah yang luasnya 100 m2 dengan nilai beli sebesar Rp2.000.000,- maka 3 atau 5 tahun ke depan nilai tanah sudah tidak lagi harga pembelian. Bisa jadi harga tanah tersebut harganya naik menjadi Rp5.000.000,- per m2.

Sala halnya dengan tanah, investasi di pasar modal tentu memiliki kenaikan nilai. Sehingga jika Anda jual kembali saham tersebut, bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi.

3. Mendapatkan Deviden

Selain kenaikan nilai modal, investasi di pasar modal juga dapat memberikan keuntungan yang lumayan tinggi. Ketika saham sebuah perusahaan yang dimiliki Anda maka deviden atau keuntungan per periode dari operasional usaha perusahaan tersebut akan diberikan kepada para pemegang samaham sesuai dengan presentase kepemilikan saham tersebut. Artinya, jika Anda berinvestasi di pasar modal dengan jangka panjang, bukan tidak mungkin mendapatkan keuntungan dari deviden tersebut. Sementara saham yang dimiliki masih tetap utuh atau tidak terganggu.

BACA JUGA:

Perbedaan Pasar Modal dan Pasar Uang yang harus Kamu Ketahui

 

4. Pilihan Instrumen yang Beragam

Sebagaimana yang telah diinformasikan sebelumnya, pasar modal menawarkan beragam pilihan instrumen investasi. Banyaknya pilihan modal ini akan memberi keuntungan dalam memudahkan Anda menemukan instrumen investasi mana yang cocok dengan kepribadian Anda.

 

Untuk berinvestasi di pasar modal, sebagai langkah yang tepat jika Anda ingin mulai mencari strategi dalam meningkatkan kekuatan finansial Anda. Sebagai pemula, obligasi merupakan pilihan yang baik sebagai instrumen investasi. Karena, dianggap memiliki profil risiko yang tidak terlalu tinggi, cenderung rendah. Namun, dapat memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan keuntungan finansial yang relatif besar.

Sebagai pemula, sebelum Anda menjalankan investasi di pasar modal, sebaiknya cari dan pelajari informasi mengenai bagaimana berinvestasi di pasar modal. Buku berjudul Investasi dan Pasar Modal karya Mulyono dan Niken Sarawati terbitan Penerbit Manggu sangat cocok bagi Anda yang ingin mempelajari investasi di pasar modal. Buku tersebut bisa Anda dapatkan di toko online Manggu Store di beberapa marketplace, yaitu TokoPedia, Shopee, dan BukaLapak. Temukan juga informasi mengenai buku-buku terbitan Penerbit Manggu di sini.


Investasi dan Pasar Modal karya Mulyono dan Niken Sarawati (Penerbit Manggu 2020)

0 Komentar