Arti Penting Manajemen Tenaga Pendidik Anak Usia Dini


MANGGUMEDIA.COM - Setiap tenaga pendidik wajib memiliki kompetensi dalam pembelajaran. Kewajiban tersebut tentu diperuntukan kepada tenaga pendidik dari mulai tenaga pendidik di pendidikan anak usia dini sampai perguruan tinggi. Tenaga pendidik harus memiliki dasar-dasar pengetahuan. Selain itu, tenaga pendidik juga harus memiliki sikap yang menunjukkan keseriusan dan kegembiraan dalam proses pembelajaran dan proses pembelajaran.

Seiring dengan perkembangan teknoligi dan kompetensi yang kompetiif, seorang tenaga pendidik sangat diperlukan.



Saat ini, tantangan terbesar bagi seorang tenaga pendidik adalah tantangan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Seperti, bagaimana seorang tenaga pendidik harus menjembatani antara harapan dan kenyataan.

Jembatan antara harapan dan kenyataan yang diperlukan untuk mempersiapkan yang diperlukan dalam proses pembelajaran terkait dengan: pertama. Penerapan teori dan pegimplementasian proses kegiatan pembelajaran. Kedua, mengembangkan keahlian dalam teknologi pembelajaran. Ketiga, kesenjangan antara gaya belajar dan mengajar. Keempat, persiapan pendidikan yang bersifat inklusif. Kelima, menggabungkan segala kompetensi yang dimiliki. Di sinilah perlu adanya pengelolaan tenaga pendidik.

Pendidikan Islam Di Indonesia, Mau Dibawa Kemana?

Manajemen pendidikan merupakan kegiatan pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan dalam upaya pencapaian tujuan penididikan yang telah ditetapkan secara efesien dan efektif. Tenaga pendidik merupakan sumber daya utama dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya mereka, proses pendidikan tidak akan pernah terlaksana.

Manajemen tenaga pendidik merupakan fungsi utama dalam pengelolaan tenaga pendidik menjadi pendidik yang profesional yang mampu meningkatkan mutu pendidikan. Mengingat pendidikan anak usia dini adalah pendidikan dasar sebagai langkah awal kesuksesan mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya. Fungsi manajemen tenaga pendidik adalah untuk mengarahkan dan mendorong para pendidik melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.


Manajemen tenaga pendidik anak usia dini tidak terlepas dari fungsi manajemen secara umum, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengontrolan. Agar tercapainya mutu pendidikan, manajemen tenaga pendidik harus dipahami secara menyeluruh.


Referensi:


0 Komentar