Kampus UMM Lahirkan Wisudawan Non-Muslim Asal Australia, Dengan Gelar Doktor Pendidikan Islam

Foto : Dok UMM

 Meluluskan wisudawan muslim merupakan hal biasa. Namun pada wisuda ke-102 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) lahirkan wisudawan non-muslim asal Australia bernama Robert John Pope yang diselenggarakan di Dome UMM, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, 18 Januari 2022.

Dilansir dari Republika Online Robert sudah menjadi mahasiswa UMM selama hampir 10 tahun. Sebelum menempuh pendidikan S3 ia juga mengikuti pendidikan S2 (Magister Pendidikan Agama Islam) di UMM.

BACA JUGA : Akibat Tanaman Gadung, UNPAD Raih Juara 2 Pada Kompetisi Internasional Di Selandia Baru

“Saya datang beberapa tahun yang lalu di Muhammadiyah di UMM Malang dan agak berbeda karena seorang bule mengikuti program Agama Islam, Pendidikan Agama Islam di UMM. Jadi yang pertama saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada UMM yang mengizinkan saya untuk mengalami sesuatu yang sangat unik,” ucap Robert saat mendapat kesempatan berbicara di acara wisuda.

Selama kuliah usai mata pelajaran selesai dirinya dan teman sekelasnya selalu berdiskusi tentang materi di kelas. Robert mengaku, sedang mempraktikkan isi Surat Al Hujurat ayat 13.

"Saya belajar dari Alquran Surat al Hujurat bahwa manusia diciptakan dengan bahasa dan budaya yang berbeda, bukan manusia yang membuat manusia berbeda, dan itu supaya kita semua bisa saling mengenal, pengalaman saya di UMM berarti saya bisa terapkan ayat itu di UMM," kata Robert.

Robert mengatakan ada dua hal yang dipejarinya selama menempuh pendidikan di UMM. Pertama, mengenai perbedaan yang dianggap sebagai sesuatu yang positif. Setiap orang seyogianya bisa memahami dan mengerti perbedaan dengan baik, bukan malah saling menyalahkan.

Kedua, UMM juga telah mengajarkannya untuk tidak takut berpikir kritis. Robert menekankan, setiap orang tidak boleh berhenti pada pemikiran yang stagnan, tapi harus bergerak ke pemikiran yang dinamis. Dengan begitu, setiap orang akan menghasilkan banyak inovasi dan manfaat.

0 Komentar