Akibat Tanaman Gadung, UNPAD Raih Juara II pada Kompetesi Internasional di Selandia Baru

 

Foto : unpad.ac.id


Gadung merupakan sejenis tumbuhan berumbi yang umumnya dipakai sebagai tanaman pangan. Gadung menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Namun saat ini nama tanaman gadung dibawa kedalam kompetisi internasional NZIFST-Rose Spiess Video Competition 2021 oleh tim mahasiswa Teknologi Pangan Unpad terdiri dari Miswa Salza Kirana Zaenal Putri (ketua), Aditya Nugraha, Livia Khalishta Afifah, dan Marini Rizka Nadia Rudiyanto Putri, serta dosen pembimbing Dr. Aldila Din Pangawikan, M.Sc.

Mereka berhasil meraih juara II kompetisi internasional NZIFST-Rose Spiess Video Competition 2021 “A Sustainable Food System” secara virtual di Selandia Baru, Kamis (27/1/2022). Dengan ide pemanfaatan tanaman gadung (Dioscorea hispidadents) sebagai makanan pokok dan bioherbisida di wilayah Majalengka, Jawa Barat. Kompetisi ini diikuti mahasiswa dan peneliti dari berbagai negara, yaitu Amerika Serikat, Jerman, Indonesia, Nigeria, dan Costa Rica.

Gagasan berjudul ”Sustainability of Gadung Tuber (Dioscorea hispidadents) Utilization of Food and Bio-Herbicide in Majalengka, Jawa Barat, Indonesia” divisualkan ke dalam video yang dikirimkan ke panitia pada November 2021 lalu.

Dilansir dari Kanal Media Unpad dari hasil pengamatan Miswa dan tim menemukan bahwa tanaman gadung memiliki beberapa keunggulan yang bermanfaat.

BACA JUGA : Ini Dia Website Paling Berguna Untuk Pejuang Skripsi

Tanaman ini mudah ditanam, bahkan dapat tumbuh secara liar. Karena itu gadung cocok menjadi makanan saat kondisi darurat.

Gadung dapat dimanfaatkan menjadi makanan pokok keluarga. Hal ini dikarenakan gadung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai makanan pengganti nasi.


Gadung juga bisa mengurangi polusi dan bermanfaat dalam pertanian. Racun kalium sianida yang terkandung dalam gadung dapat digunakan sebagai bioherbisida, sehingga dapat mengurangi pemakaian pestisida kimia dan limbah cair yang merusak lingkungan.

Kompetisi internasional yang diselenggarakan The New Zealand Institute of Food Science and Technology-Rose Spiess Foundation ini merupakan kompetisi ide dan inovasi untuk menjaga lingkungan, mengurangi polusi, memproduksi makanan cukup. Hingga mengakhiri kelaparan anak yang disampaikan melalui media video.

Buat kamu yang tertarik di bidang pertanian penerbit manggu mempunyai buku yang akan membantu kamu dalam bertani



 

0 Komentar