Negara Nusantara

 

Sumber : unsplash 

Nusantara terletak di Asia Tenggara yang dihapit oleh dua benua, yaitu benua Asia dan Benua Australia. Nusantara juga dihapit oleh dua samudra, yaitu samudra hindia dan samudra pasifik. Nusantara merupakan wilayah yang berbentuk kepulauan. Banyak pulau yang berada di wilayah Nusantara. Dari pulau yang besar sampai pulau-pulah yang kecil. Oleh sebab itu, wilayah Nusantara kebanyakan atau jika dibandingkan maka luas lautan lebih luas bila dibandingkan dengan luas daratan. Mungkin cocok jika Nusantara dibilang negara di atas air atau Negara air.

Nusantara merupakan nama wilayah atau daerah yang sudah sejak lama, yaitu sejak nenek moyang sudah menjadi nama yang melekat. Nusantara berasal dari kata nusa dan antara. Nusa artinya pulau, sedangkan antara adalah menunjukan posisi wilayah atau pulau. Jadi, Nusantara merupakan pulau-pulau yang berada di antara laut atau di tengah laut. Nusantara juga bisa diartikan sebagai kepulauan yang dikelilingi oleh lautan.

Baca juga : Nusantara Tetap Di Hati

Di zamannya, Nusantara memilki kejayaan yang sangat dikenal oleh dunia. Nusantara dihuni oleh berbagai suku bangsa yang didalamnya terdapat berbagai kerajaan atau pemerintahan yang berbentuk kerajaan. Dengan perkembangannya, nusantara memberikan warna terhadap perkembangan dunia. Ba
hkan, ada bebera papenelitian memperkirakan orang Nusantara merupakan nenek moyang dari bangsa-bangsa di dunia.

Kekuasaan yang menguasai Nusantara silih berganti dari zaman ke zaman. Banyak kerajaan di Nusantara yang mampu menguasai sebagian besar wilayah Nusantara. Silih berganti antara satu kerajaan dengan kerajaan yang lain. Dan setiap kerajaan mengalami kejayaan di masanya.


Saking agungnya nama Nusantara, sampai saat ini banyak dikenal dan terus dipupuk dalam ingatan dari generasi ke generasi. Suku bangsa di Nusantara memiliki karakter yang bereda dengan suku bangsa di dunia. Keramahan dan kesederhanaan selalu terpancar dari setiap individudi semua suku bangsa di Nusantara. Tidak heran jika bangsa lain yang datang dan berkunjung ke Nusantara memiliki kesan yang mendalam.

Seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman, Nusantara berganti nama. Nama tersebut diiringi dengan perubahan kekuasaan yang menguasai nusantara. Namun, nama Nusantara tetap melekat pada diri setiap individu, walaupun nama tersebut sudah berganti dengan nama yang lain.

Referensi

Hera HastutiZafri, dan Zul Asri Nusantara Pengaruh Zaman Hindu dan Buddha (Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2019)

0 Komentar