Tips Membuat Pupuk Organik

MANGGUMEDIA.COM - Penggunaan pupuk organik akan segera menjadi trend di masa yang akan datang. Memiliki bahan dasar yang mudah ditemui, pengembangannya akan sangat berprospek cerah. Berkembangnya urban farming di kawasan perkotaan telah membuat penggunaan pupuk organik menjadi prioritas. Namun ada beberapa tips sederhana untuk kamu yang ingin membuat pupuk organik, antara lain:



Buatlah dari sisa sampah dapur

Banyak sekali dari kita yang memiliki sisa dapur tak terolah dengan baik. Bahkan banyak warga yang membuangnya ke sungai atau aliran air di daerahnya yang menyebabkan adanya limbah. Oleh karena itu, gunakanlah sampah hasil sisa di dapur sebagai bahan yang menjadi prioritas.


Buku Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian ini membahas tinjauan umum metode dan teknik penyuluhan, penggolongan metode dan teknik penyuluhan, pertimbangan dalam pemilihan metode dan teknik penyuluhan, aspek dan prinsip penerapan metode dan teknik penyuluhan, jenis-jenis metode dan teknik penyuluhan, teknik penyuluhan, metode motivasi, metode penyuluhan pertanian partisipatif, revitalisasi penyuluhan pertanian.


Prioritaskan terhadap kawasan pedesaan

Produktivitas yang tinggi di desa disebabkan karena kawasan desa menjadi pusat dari penghasil pangan utama untuk kedaulatan Negara. Namun untuk menjaga kualitas tanah demi masa depan, sebaiknya saat ini sudah mulai beralih ke sistem organik secara perlahan. Hal ini harus dimulai dari sekarang apabila anak cucu kita ingin menikmati alam Indonesia yang begitu indah dan lestari.


Buku Teknik dan Strategi Penyuluhan Pertanian Era Kreatif menjelaskan kegiatan penyuluhan pertanian sebagai proses komunikasi pembangunan pertanian, penyuluhan pertanian di Indonesia, organisasi dan manajemen penyuluhan pertanian, materi penyuluhan pertanian, peranan penyuluhan pertanian, evaluasi penyuluhan pertanian, sasaran penyuluhan pertanian, dan komunikasi, adopsi dan difusi inovasi dalam penyuluhan pertanian.


Kembangkan menjadi produk komersil

Bukan hanya untuk tanaman, hal ini akan menjadi peluang bisnis tambahan. Belum banyak produsen yang bisa mengembangan pupuk organik untuk kepentingan komersil secara masif. Maka dari itu, ambil peluang ini dengan mulai membiasakan penggunaan pupuk organik untuk budidaya yang kamu lakukan.



0 Komentar