Matahari Buatan Cina, Untuk Apa Diciptakan?

MANGGUMEDIA.COM - Sejauh ini, berita tentang matahari buatan yang diciptakan Cina merupakan salah satu berita yang paling membuat umat manusia cemas sekaligus terheran-heran. Pasalnya, satu matahari yang sudah disediakan semesta ini saja terkadang membuat aktivitas hidup kewalahan. Sebagai contoh, musim kemarau yang hampir dilewati telah membuat pusing para insan pertanian karena lahannya sering kekeringan. Lantas, bagaimana nuansa kemarau jika matahari ada 2? rasanya akan membuat hidup semakin tersiksa karena panas yang meningkat dua kali lipat. Tetapi apa alasan mendasar Cina menciptakan matahari buatan tersebut?

Sebagai sumber energi masa depan

Dilansir dari cnnindonesia.com, ternyata alasan utama Cina menciptakan matahari buatan adalah untuk diproyeksikan sebagai pusat energi di masa yang akan datang. Alasan pertama ini cukup logis, hal ini karena perubahan iklim dan ketidakpastian lainnya membuat Cina membutuhkan energi tambahan yang setara dengan energi utama yang sudah tersedia oleh alam semesta. Namun secara utuh, pastinya matahari buatan ini akan sulit menandingi matahari yang sudah Tuhan ciptakan.

Akan menjadi sumber energi ramah lingkungan

Karena bertujuan sebagai sumber energi di Cina, matahari buatan akan diproyeksikan sebagai energi yang ramah lingkungan. Hal ini karena dunia akan segera menuju revolusi industri 5.0, dimana fase revolusi industri ini akan menitikberatkan pada teknologi yang ramah terhadap eksistensi lingkungan. Meski begitu, pembuatan matahari ini membutuhkan waktu yang lama untuk para ilmuan meneliti hingga menghasilkan reaksi fusi yang bisa digunakan. Matahari buatan yang sempat berhasil dinyalakan oleh para peneliti Cina, hanya bisa bertahan selang beberapa detik. Semua itu masih tahap penelitian dan sangat membutuhkan biaya yang besar.


Memperkuat kedaulatan negara

Sebagai salah satu negara adidaya, Cina tidak ingin kehilangan posisinya sebagai negara yang sudah hampir mendominasi banyak aspek di dunia. Topik pembicaraan akan krisis iklim dan energi bisa saja menjadi landasan utama China untuk menciptakan sumber energi yang sangat besar untuk mempertahankan kedaulatan dan eksistensinya di muka bumi.

Referensi

1. CNN Indonesia. (2023). Diakses pada 26 September 2023 dari www.cnnindonesia.com

0 Komentar