Kuliah Jurusan Apa yang Paling Murah di Indonesia?

MANGGUMEDIA.COM--Zaman sekarang, kesempatan untuk dapat meneruskan pendidikannya kjenjang perguruan tinggi bisa didapatkan oleh siapa saja. Terlebih saat ini telah banyak beasiswa yang bisa membuat biaya kuliah menjadi lebih ringan, bahkan ada yang mendapatkan tunjangan untuk hidup selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Sayangnya jumlah porsi beasiswa yang terbatas ini tidak dapat didapatkan oleh semua orang. Sehingga sebagian dari mereka yang tidak mendapatkan beasiswa harus mengeluarkan biaya sendiri untuk bisa meneruskan pendidikan di perguruan tinggi.


Selain bakat dan minat, dalam menentukan pilihan jurusan kuliah calon mahasiswa kerap mempertimbangkan masalah biaya. Sebab, beberapa jurusan kuliah termahal di Indonesia bismembuamahasiswa mengeluarkan biaya puluhan hingga ratusan juta rupiah hanya untuk biaya persemesternya. Biaya kuliah ini bisa mencakup uang kuliah tunggal (UKT), uang pangkal, biaya praktikum, biaya buku, dan lainnya. Terkait besaran biaya, masing-masing perguruan tinggi memiliki biaya kuliah yang berbeda.

Maka dari itu, sebelum para calon mahasiswa memilih dan menentukan pilihan perguruan tinggi yang akan dipilihnya, alangkah baiknya para calon mahasiswa mencari tahu terlebih dahulu biaya yang kuliah yang para calon mahasiswa tuju. Dengan begitu, para calon mahasiswa dapat mempertimbangkan lagi dengan matang jurusan mana yang sesuai dengan segi finansial para calon mahasiswa. Jangan sampai, ketika para calon mahasiswa sudah mendaftar dan dinyatakan menjadi mahasiswa resmi di jurusan tersebut, para calon mahasiswa baru sempat mengetahui berapa besar biaya yang diperlukan di jurusan yang diminati.

Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah termurah yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa, beserta perguruan tinggi dan biaya kuliahnya (Putri, Anugerah. 2023):

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan kuliah termurah ini mempelajari pengelolaan perpustakaan, pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, serta pengelolaan informasi. Beberapa perguruan tinggi yang menawarkan jurusan kuliah termurah ini antara lain Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya. Uang kuliah untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro mulai dari Rp500.000 persemester.

Jurusan Pendidikan Olahraga

Jurusan Pendidikan Olahraga menawarkan pengetahuan tentang pendidikan keolahragaan, mulai dari aturan dan fungsi olahraga, strategi, hingga teknik pengajaran. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan kuliah termurah ini adalah Universitas Pendidikan Indonesia, dengan biaya kuliah per semester mulai dari Rp500.000.

Jurusan Ilmu Sejarah

Mahasiswa jurusan ini mempelajari berbagai aspek sejarah, seperti sejarah sosial, politik, budaya, dan militer. Universitas Negeri Semarang adalah salah satu perguruan tinggi yang menawarkan jurusan kuliah termurah ini dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 per semester.

Jurusan Agribisnis

Jurusan kuliah termurah ini mempelajari sosial ekonomi pertanian dan menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji dan mengembangkan sumber daya alam dalam pertanian.

Universitas Gadjah Mada memiliki jurusan ini dengan biaya kuliah per semester mulai dari Rp500.000.

Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Pada jurusan Teknologi Industri Pertanian menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dan pengembangan dalam pengelolaan kegiatan pertanian.

Universitas Padjadjaran adalah salah satu perguruan tinggi yang menawarkan jurusan kuliah termurah ini dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 per semester.

Jurusan Teknik Pengairan

Jurusan kuliah termurah selanjutnya adalah Teknik Pengairan. Jurusan ini menghasilkan ahli di bidang pengairan, seperti perencanaan sistem jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik. Jurusan termurah ini terdapat di Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung. Biaya kuliah Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.000.000.

Jurusan Akuakultur

Jurusan kuliah termurah ini mempelajari budidaya perairan, termasuk budidaya ikan di air tawar dan air laut serta kelestarian lingkungan. Universitas Jenderal Soedirman menawarkan jurusan ini dengan biaya kuliah mulai dari Rp500.000 per semester.

Jurusan Teknologi Bioproses

Selanjutnya, ada jurusan Teknologi Bioproses yang mempelajari pemanfaatan mikroorganisme dalam skala industri untuk menghasilkan keuntungan ekonomi.

Universitas Indonesia menawarkan jurusan kuliah termurah ini dengan biaya kuliah per semester antara Rp500.000 hingga Rp7.500.000.

Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Jurusan kuliah termurah ini fokus pada pengolahan ikan dalam skala industri dan pembangunan industri perikanan.

Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada adalah beberapa perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ini. Biaya kuliah per semester untuk jurusan kuliah termurah ini di Universitas Brawijaya dan UGM mulai dari Rp500.000.

Jurusan Akuntansi Keuangan Publik

Jurusan ini memfokuskan pada akuntansi yang terkait dengan instansi publik, seperti organisasi pemerintahan di tingkat pusat maupun daerah. Universitas Terbuka menawarkan jurusan kuliah termurah ini dengan biaya kuliah per semester sekitar Rp1.300.000.

 Daftar Pustaka

Putri, Anugerah. 2023. “Jurusan dengan Biaya Kuliah Termurah  dan Termahal Apa Saja?” Dikutip dari https://danacita.co.id/blog/jurusan-dengan-biaya-kuliah-termurah-dan-termahal-apa-saja/Pada 10 Agustus 2023.

 


 

0 Komentar