Kepribadian Ekstrovert: Memahami Maknanya

MANGGUMEDIA.COM - Ekstroversi adalah jenis kepribadian yang mendefinisikan orang-orang yang mengisi ulang energi sosial mereka dengan menghabiskan waktu bersama orang lain. Apakah Anda merasa energik ketika bersama orang lain? Apakah Anda bersemangat untuk pergi keluar dan berbagi pengalaman sosial, ataukah hanya pemikiran untuk melakukannya sudah membuat Anda terlalu kewalahan? Jika Anda merasa bersemangat dan bertenaga dalam aktivitas sosial, Anda mungkin adalah seorang ekstrovert.

Apa Itu Seorang Ekstrovert?

Seorang ekstrovert adalah seseorang yang termotivasi oleh rangsangan sosial - kepribadiannya ditandai dengan merasa bersemangat oleh pertukaran sosial. Menjadi seorang ekstrovert berarti lebih dari sekadar menjadi ekstrovert atau keras suara - itu adalah bagaimana seseorang mengisi ulang energinya.

Mudah untuk memikirkan tingkat energi Anda seperti baterai ponsel - bagaimana baterai itu diisi ulang? Para ekstrovert suka mengisi ulang dengan berada di sekitar orang. Sementara seseorang yang lebih introvert mendapatkan energinya dengan berada sendirian atau melakukan aktivitas yang lebih tenang, seseorang yang ekstrovert merasa bersemangat dengan pertemuan sosial dan berinteraksi dengan orang lain.

Ekstrovert vs. Introvert

Ekstroversi dan introversi adalah kedua sifat kepribadian yang mendefinisikan cara seseorang menerima dan mengisi ulang energinya. Istilah ini diciptakan oleh psikolog Swiss, Carl Jung, pada tahun 1921, untuk menggambarkan cara individu mengarahkan energi dalam dan luar mereka.

Namun, saat ini para klinisi kesehatan mental memahami bahwa ada jauh lebih banyak aspek kepribadian seseorang daripada penjelasan biner ekstrovert/introvert. Sebagai contoh, sekarang kita memahami bahwa orang dapat berada di sepanjang spektrum kepribadian yang luas, seperti orang yang sangat peka, atau orang-orang otistik atau neurodivergen. Beberapa peneliti bahkan mempertimbangkan introversi sebagai perpanjangan dari spektrum autisme, karena sifat neurodivergennya.

Penting untuk diingat bahwa kepribadian adalah hal yang kompleks, dan seseorang mungkin memiliki ciri-ciri dari kedua ekstroversi dan introversi dalam berbagai tingkatan. Jadi, jika Anda adalah seorang ekstrovert, itu adalah bagian alami dari siapa Anda, dan jika Anda adalah seorang introvert, itu juga adalah hal yang sama. Kedua tipe kepribadian ini membawa keunikan mereka masing-masing.

Referensi

Gillis, Kaytlyn. 2023. “Extrovert: Meaning, Personaliy Traits,& More.” Choosingtherapy. Rubrik Berita. Edisi Selasa, 23 Mei. https://www.choosingtherapy.com/ diakses Rabu, 18 Oktober 2023, 08:57

0 Komentar