Jangan Bangga Punya IPK 4, Auto Ditolak Perusahaan, Kok Bisa?

MANGGUMEDIA.COM -- Tidak bisa dipungkiri bahwa IPK merupakan salah satu tolok ukur yang digunakan sebuah perusahaan untuk mempertimbangkan kelayakan seseorang bekerja. Banyak anggapan menyetujui bahwa dengan memiliki IPK yang tinggi akan memudahkan seseorang untuk diterima kerja di suatu perusahaan.

Ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar, kok bisa? Seorang Human Resource Development Creator, Junar Asunyi mengatakan justru seorang mahasiswa yang memiliki IPK tinggi atau sempurna akan lebih sulit untuk diterima kerja di sebuah perusahaan.

“Jika kalian lulus dengan IPK 4, kebanyakan perusahaan akan menolak kandidat seperti itu,” Tutur beliau melalui laman Tiktok miliknya.

Meskipun begitu, Junar menegaskan kembali bahwa tidak semua perusahaan akan menolak kategori mahasiswa seperti ini. Pihak HRD tentu akan mempertimbangkan berbagai hal untuk menerima mahasiswa yang memiliki IPK sempurna.

Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan membahas tentang perencanaan dan pengadaan sumber daya manusia, penarikan sumber daya manusia, seleksi dan penempatan sumber daya manusia, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, penilaian prestasi kerja, kinerja karyawan, motivasi, kemampuan kerja, semangat dan gairah kerja, promosi, transfer dan demosi, produktivitas dan peningkatan mutu sumber daya manusia, kompensasi, kondisi kerja, lingkungan kerja, kepuasan kerja, keselamatan dan kesehatan kerja, kedisiplinan, pemutusan hubungan kerja, dan hubungan industrial pancasila.

BELI DI SINI

Apa Alasan Perusahaan Sehingga Menolak Mahasiswa dengan IPK 4?

Membaca penuturan dari Mas Junar tadi membuat kita sebagai mahasiswa tentu menjadi bertanya-tanya dan heran. Sebenarnya apa yang membuat pihak perusahaan melakukan hal ini?

Alasannya ternyata hal ini menyangkut masalah Psikologis seseorang yang mayoritas lulus dengan angka IPK yang sempurna. Kebanyakan seseorang yang lulus dengan IPK 4 atau bisa dikatakan sempurna ini memiliki karakter yang bisa merugikan perusahaan. Karakter-karakter yang dapat merugikan ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki kepribadian yang kaku. Kepribadian ini akan membuat seseorang sulit untuk memecahkan masalah.
  2. Sulit untuk diajak bekerja sama di dalam sebuah tim.
  3. Sulit untuk berkembang sebab mereka cenderung selalu merasa paling benar dan ‘sempurna’.

Meskipun begitu, bukan berarti semua mahasiswa yang lulus dengan IPK sempurna ini memiliki kriteria kepribadian di atas. Ada saja mereka yang memiliki kepribadian rendah hati, mudah diajak kerja sama dan menerima perbedaan meskipun bisa jadi mereka lebih cerdas. Pada intinya, berapa pun IPK lulusmu usahakan untuk tetap menjaga karakter dan milikilah kepribadian yang baik di mana pun kamu berada.




0 Komentar