Inilah 4 Alasan Mengapa Mahasiswa Akhir Malas Kerjakan Skripsi

MANGGUMEDIA.COM - Sebagaimana yang kita tahu skripsi merupakan tugas yang wajib bagi mahasiswa semester akhir kerjakan. Tanpanya kamu tidak akan bisa mendapatkan gelar dari kampusmu. Meskipun wajib, kebanyakan mahasiswa seakan ada saja alasan untuk menghindar dari mengerjakan skripsi.

Berbagai keluhan biasanya mulai terdengar ketika akhir-akhir semester. Kira-kira mengapa banyak mahasiswa malas mengerjakan skripsi, ya? Untuk mencari tahu berikut adalah 5 alasan diantaranya mengapa mahasiswa malas kerjakan skripsi.

Nggak Ada Niat dari Awal

Jika kamu merasa malas mengerjakan skripsi hati-hati bisa jadi memang dari awal kamu tidak punya niatan untuk kerjakan skripsi dengan sungguh-sungguh. Apalagi kamu sudah menganggap bahwa kerjakan tugas skripsi  itu sulit, ribet dan sebagainya. Pernyataan ini malah membuatmu semakin berat mengerjakan skripsi. Lebih baik kamu ucapkan, “Aku tahu skripsi itu tidak mudah namun aku yakin aku bisa menyelesaikannya dengan baikdan tepat waktu.”

Ribet Cari Sumber Penelitian

Pertama kamu harus sadari bahwa salah satu hal penting yang mau tidak mau kamu  lakukan adalah mencari sumber penelitian. Kadang mencari dan menemukan sumber penelitian itu tidak mudah dan akan sedikit ribet. Oleh karena itu, mahasiswa banyak yang malas melakukannya. Apalagi berlama-lama di dalam ruang perpustkaan memang sungguh menjenuhkan jika kamu tidak terbiasa dan serius.

Mudah Terdiktrasi

Apabila kamu termasuk orang yang nggak bisa jauh-jauh dari gadget maka kemungkinan besar gangguanmu akan banyak datang dari gagdetmu. Berbagai godaan untuk buka sosial media yang awalnya cuma sekedar bisa jadi malah lupa waktu. waktu kerjakan skripsi pun jadi terkikis gara-gara hanya gangguan kecil tadi. Belum lagi kalau kamu punya jadwal nongkrong dan liburan misalnya, maka akan sangat sulit bagi kamu untuk menyelesaikan skripsi.

Takut Nggak Di-Acc Dosen Pembimbing

Sudah capek-capek buat skripsi sekian halaman malah dicoret-coret sama dosen pembimbing. Tentu rasanya miris banget kaya dicabik-cabik. Apalagi mengingat perjuangan untuk menulis perhalaman skripsi tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun begitu kamu tidak boleh takut akan hal itu. Percayalah apa yang dilakukan dosen pembimbingmu sebenanrnya merupakan bentuk kepedulian terhadapmu agar kamu bisa lulus dengan baik.

Kurangnya Referensi Buku yang Dibaca

Jelas, kreatifitas serta wawasan keilmuan yang dimiliki oleh Mahasiswa tergantung kepada referensi atau literasi Mahasiswa itu sendiri. Literasi yang dimaksud adalah membaca buku referensi atau buku literatur serta diskusi sesama teman maupun dengan dosen. Biar referensi kamu banyak, mampirlah ke Manggu Store, di sana kamu bisa memilih berbagai tema buku untuk dibaca dan dijadikan referensi dalam proses penyusunan skripsi kamu.



0 Komentar