Green House: Solusi dari Riset Sederhana

MANGGUMEDIA.COM -- Pertanian akan selalu menjadi pondasi dari kedaulatan sebuah negara. namun seperti halnya sektor ekonomi lain, sektor pertanian juga membutuhkan inovasi baru untuk survive terhadap tantangan zaman. Aktivitas bertani akan selalu identik dengan teknis yang terwariskan secara turun-temurun. Namun sebaik apapun ilmu yang diwariskan pendahulu, melakukan riset dan menghasilkan kebaharuan merupakan tindakan preventif untuk mengarungi alur peradaban manusia di muka bumi. Maka dari itu, kehadiran green house sejatinya telah menjadi solusi sederhana untuk menjadi wadah inovasi yang akan membawa kebaharuan.

Pondasi berdirinya green house

Sebuah bangunan memang harus memiliki pondasi yang kokoh untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama. Untuk membangun pondasi green house yang kokoh, jenis bahan seperti bambu, kayu jati, pipa PVC, hingga rangkaian besi merupakan pondasi yang cocok. Selain itu, kemiringan tanah dalam mendirikan Green House akan berpengaruh untuk kelangsungan green house.

BACA JUGA: 

Pertanian: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tujuannya

Hal-hal yang bisa dilakukan dengan hadirnya green house

Selama ini kehadiran green house terkadang hanya menjadi wadah penyemaian saja. Padahal dengan adanya green house bisa menjadi pusat kegiatan berbasi alam yang lebih meluas. Sebagai contoh, terbangunnya green house di sebuah wilayah sebenarnya bisa menjadi pondasi bagi yayasan atau institusi yang ingin merintis sekolah berbasis alam atau pertanian. Melakukan inisiatif terhadap pembangunan sekolah alam dapat menjadi upaya meningkatkan kualitas sdm muda di wilayah tersebut.

Upaya pemberdayaan secara modern

Seringkali aktivitas pemberdayaan hanya terpaku untuk meningkatkan nilai tambah dari sebuah produk. namun hadirnya green house bisa menjadi pemantik untuk lebih memasukan unsur digital pada roda kegiatan yang akan dibuat. Masyarakat harus dibukakan sebuah dunia maya agar tidak ketinggalan zaman.



0 Komentar