Etika Menghubungi Dosen

MANGGUMEDIA.COM - Ketika menjadi mahasiswa kamu tentu  tidak akan lepas dari berurusan dengan dosen. Baik dosen dari berbagai mata kuliah, dosen pembimbing dan lainnya. Saat berurusan dengan dosen inilah kamu perlu memperhatikan etika terhadap dosen.

Termasuk etika saat menghubungi dosen melalui pesan singkat atau chat whatsapp. Apa saja etika yang harus kamu perhatikan ini? Berikut kamu dapat simak informasinya di bawah ini.

Perhatikan Waktu dan Tanggal

Ketika kita memiliki keperluan dengan dosen, usahakan untuk menghubungi di jam kerja. Selain itu, lebih baik kamu menahan pesanmu dulu karena dosen pun tentu juga memiliki kesibukan. Umumnya, waktu maksima menghubungi dosen adalah pukul 17.00. Akan tetapi, kalau kamu memiliki urusan yang sangat penting kamu bisa menghubungi dosen di jam-jam agak malam namun jangan lupa untuk tetap sopan.

Berikan Salam Pembuka

Untuk mengawali pesan, berikanlah salam pembuka misalnya dengan mengucapakan selamat pagi atau selamat siang dan lainnya. Setelah itu akan lebih baik lagi kalau kamu menambahakan kalimat permohonan maaf karena telah mengganggu waktu bapak/ibu dosen tersebut.

Perkenalkan Diri

Setelah memberikan salam pembuka kemudia perkenalakan dirimu secara lengkap seperti nama lengkap, asal mata kuliah, nama jurusan/prodi, tahun angkatan dan sebagainya.

Sampaikan Informasi dengan Sopan

Sampaikan maksud dan tujuanmu menghubungi dosen dengan sopan, lugas dan mudah dipahami. Jangan menggunakan singkatan yang membuat dosen jadi kesulitan menangkap pesanmu, misalnya kata “saya” menjadi “sy” atau kata mata kuliah jadi “matkul”. Selain itu, kalau kamu mengirim pesan cukup panjang disarankan untuk membaginya dalam beberapa bubble chat agar dosen mudah saat membaca pesanmu.

Salam Penutup

Setelah kamu sudah menyampaikan tujuanmu jangan lupa untuk menutup pesanmu dengan mengatakan terima kasih dan lalu salam. Contohnya, seperti “Demikian tadi, pesan dari saya. Terima kasih atas perhatian bapak/ibu dosen.”

Nah, itu tadi beberapa etika yang penting kamu perhatikan saat menghubungi dosen. Usahakan untuk mengirim pesan jauh-jauh hari sebab para dosen biasanya jarang untuk membalas cepat mengingat mereka juga memiliki kesibukan.



0 Komentar