Jurusan yang Ada di STAI

MANGGUMEDIA.COM - Para siswa tingkat akhir pastinya memiliki tujuan untuk melanjutkan pada pendidikan dengan tingkat yang lebih tinggi lagi, khususnya siswa SMA. Para siswa tersebut mungkin memiliki impian untuk masuk ke perguruan tinggi versi terbaik menurut mereka masing-masing. Baik perguruan yang sesuai domisili, atau yang terbaik menurut pandangan umum. Bagi para siswa yang ingin melanjutkan perkuliahan di perguruan tinggi yang berbasis Islam. Para siswa dapat mencari tahu dan memperdalam pengetahuan tentang perguruan tinggi Islam tersebut.

Foto: Gedung STAI Tasikmalaya

Perguruan tinggi Islam telah tersebar di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Banyaknya perguruan tinggi yang berbasis Islam disebabkan karena masyarakat Indonesia memiliki lebih dari 80% penduduk yang beragama Islam. para calon mahasiswa yang ingin mendalami Agama Islam dan memiliki gelar sarjana, maka dapat masuk ke perguruan tinggi Islam yang berbentuk Sekolah Tinggi Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) biasanya dikelola oleh yayasan tertentu dan berada di bawah naungan Kementerian Agama RI.

Para mahasiswa yang mengenyam pendidikan tinggi di STAI harus mengetahui apa saja jurusan yang tersedia di STAI tersebut. Jurusan yang disediakan di STAI tidak hanya mempelakari ilmu-ilmu agama saja. Misalnya, hukum, sejarah, komunikasi, dan pendidikan juga disediakan, namun mata kuliah tersebut pastinya memiliki latar belakang Islam. Seperti, hukum Islam, komunikasi Islam, sejarah Islam.

Berikut adalah jurusan-jurusan yang biasanya tersedia di STAI (Janitra, Mawardi. 2022):

Pendidikan Agama Islam

Sesuai namanya, Jurusan Pendidikan Agama Islam adalah jurusan yang berfokus pada pengajaran dan pendidikan agama Islam. Mahasiswa yang lulus dari jurusan tersebut akan menyandang gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam (S.Pd.I). Selama belajar di jurusan ini, kamu akan mendapatkan berbagai macam keterampilan selain kemampuan teoritis. Kamu akan memiliki keterampilan mengajar, keterampilan membuat materi mengajar yang menarik dan inovatif, dan kemampuan memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai sarana pembelajaran pendidikan agama Islam yang efektif. Selain mendalami ilmu pendidikan dan pengajaran, mahasiswa juga akan mendapatkan berbagai soft skill yang akan sangat bermanfaat, misalnya public speaking.

Pendidikan agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami kandungan ajaran Islam secara menyeluruh, menghayati makna tujuan, yang pada akhirnya dapat mengamalkan dan menjadikan Islam sebagai pandangan hidup.

BELI SEKARANG

Ahwal Syaksiyah

Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyah atau dikenal juga dengan nama Jurusan Hukum Keluarga adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang keseluruhan hukum yang berhubungan dengan permasalahan keluarga dalam islam, seperti kewarisan, pernikahan, peradilan agama, dan wasiat. Jadi, pada dasarnya di jurusan ini kamu akan banyak mengkaji bab-bab fiqih yang berhubungan dengan hukum keluarga.

Dengan bekal keilmuan tersebut, ada cukup banyak pilihan karir yang cocok bagi lulusan jurusan ahwal al-syakhshiyah, antara lain hakim pengadilan agama, panitera, penghulu, dan pegawai pencatat nikah. Selain itu, kamu juga bisa menjadi pembina atau pengurus lembaga yang berhubungan dengan pembinaan syari’ah.

Buku Aqidah Islam Menghidupkan Hidup Menjadi Lebih Hidup merupakan tulisan tentang ajaran islam yang penulis pahami. Bagian dari buku ini pernah diterbitkan dalam buletin Soeara Jabal Rahmah serta Jurnal Ekonomi dan Manajemen Syariah Lembaga Pengembangan Ekonomi Dan Manajemen Syariah.

BELI DI SINI

Ekonomi Islam

Pilihan jurusan bidang keagamaan lainnya yang bisa kamu pilih adalah jurusan ekonomi Islam, dan jurusan ini juga bisa kamu temui di STAI. Jurusan ekonomi Islam merupakan jurusan yang mengkaji tentang seluruh aktivitas ekonomi, mulai dari pengelolaan sumber daya sampai dengan upaya pengoptimalan berbagai aktivitas ekonomi yang berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan manusia dalam perspektif islam. Karena pengkajiannya dalam perspektif islam, maka sudah pasti rujukan utamanya adalah al-Qur’an dan Hadits.

Manajemen keuangan syariah adalah sebuah kegiatan manajerial keuangan untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan kesesuaiannya pada prinsip-prinsip Syariah dalam agama Islam. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui tentang manajemen keuangan Syariah.

BELI SEKARANG JUGA

Jurusan Studi Agama-agama

Jurusan studi agama-agama adalah bidang ilmu agama yang mempelajari tentang histori, hubungan, dan hal-hal lainnya dari agama-agama yang ada di dunia secara netral dan mendalam. Output dari pembelajaran di jurusan ini adalah mahasiswa dapat memiliki pandangan yang utuh tentang agama-agama yang ada di dunia sehingga dapat menumbuhkan nilai toleransi yang tepat dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Buku Jalan Menggapai Ridha Allah: Amaliah Lengkap TQN Khatibiyah Sambas merupakan salah satu jalan mempermudah dalam memperkenalkan dan menyebarluaskan ajaran Thoriqoh Qoodiriyah Naqsyabandiyah Syaikh Ahmad Khatib As Sambasy Sa’ad Selakau, karena buku ini tidak hanya khusus dimiliki oleh ikhwan atau akhwat TQN Syaikh Ahmad Khatib as Sambasy saja. Tetapi juga untuk siapa saja yang berminat untuk mengenal ajaran dan amaliahnya.

Komunikasi Penyiaran Islam

Dalam islam ada suatu prinsip mendasar yang bernama syiar yang secara bahasa berarti kemuliaan atau kebesaran. Secara istilah, syiar berarti penyampaian atau penyebar luasan atau secara sederhana bisa juga dimaknai dengan promosi.

Berangkat dari pengertian tersebut, dapat kita pahami bahwasanya jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) pada dasarnya mirip dengan Jurusan Ilmu Komunikasi, hanya saja jurusan KPI lebih spesifik pada kajian dan pengembangan metode promosi atau penyebaran nilai-nilai keislaman sehingga bisa diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat.

 

Metode penelitian sosial adalah suatu upaya untuk mencari tahu berbagai macam fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat. Hal tersebut dilakukan karena di setiap kehidupan masyarakat, pasti ada permasalahan yang terjadi. Fenomena itu diteliti supaya bisa menjawab mengenai permasalahan apa yang terjadi.

BELI SEKARANG

Daftar Pustaka

Janitra, Mawardi. 2022. “Macam-macam Jurusan Kuliah Keagamaan dan Gambaran Prospek Kerjana.” Dikutip dari https://www.quipper(.)com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-macam-macam-jurusan-kuliah-keagamaan/. Pada 10 Agustus 2023.

 

0 Komentar