4 Poin Penting Dari PBAK, Maba Wajib Tahu

MANGGUMEDIA.COM - Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan atau PBAK merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang akan menempuh jenjang perguruan tinggi. Adanya kegiatan PBAK tentu memilki tujuan yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk menjalani masa perkuliahannya kelak. Oleh karena itu, terkhusus kamu para maba wajib banget mengetahui apa saja poin penting yang ada di dalam kegiatan PBAK ini. Berikut adalah 4 poin penting kegiatan PBAK.

Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung sedang mengikuti PBAK. (Sumber: https://uinsgd.ac.id/)

Pentingnya Kerja Sama

Dalam kegiatan PBAK, para mahasiswa baru akan dikelompokan menjadi beberapa kelompok. Biasanya kakak tingkat (kating) atau panitia PBAK akan memberikan tugas yang harus diselesaikan secara berkelompok. Selama dalam kelompok inilah kamu akan belajar banyak hal. Mulai dari menghargai pendapat yang berbeda darimu, berani mengeluarkan ide, kekompakan, kerja sama tim dan sebagainya.

Belajar Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Ketika kamu berada di dalam kelompok kamu akan menemui banyaknya perbedaan yang ada di lingkungan pertemananmu. Akan tetapi berbeda bukanlah alasan untuk kamu menarik diri dari lingkungan barumu. Oleh karena itu kamu harus pandai beradaptasi dengan lingkunganmu.


Mengenal Lebih Dekat Informasi Seputar Kampus

Ketika PBAK kamu akan dikenalkan kondisi kampus tidak hanya secara fisik namun juga secara sosial. Kamu jadi tahu apa saja progam dan pelayanan yang diberikan oleh kampus tempat kamu berkuliah nanti.

Pengalaman Berharga

Terakhir yang paling utama kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan berkesan setelah menjalani PBAK. Kamu tentu akan merasakan lelah dan bahkan ada yang jatuh sakit namun hal itu akan terbayarkan juga dari pelajaran berharga yang kalia peroleh nanti. Setelah kegiatan PBAK dibubarkan kamu juga akan mulai merindukan teman-teman kelompok dan kegiatan seru di dalamnya. Oleh karena itu meskipun kegiatan PBAK hanya berlangsung beberapa hari, usahakan kamu benar-benar aktif pada setiap kegiatan PBAK ini.



0 Komentar