Sholat Bukan Sekedar Ritual Peribadatan


MANGGUMEDIA.COM- Sebagai umat muslim, melaksanakan sholat adalah kewajiban. Rukun Islam yang kedua tersebut merupakan amalan pokok yang senantiasa harus dilakukan oleh seluruh umat muslim. Tidak berlebihan ketika sabda Rasulullah menjelaskan sholat adalah tiang agama. Artinya, apabila sholatnya tidak benar maka bangunan Islam akan roboh.

Sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Lantas mengapa banyak orang yang shalat masih melakukan perbuatan maksiat? Barangkali mereka melaksanakan sholat sekedar ritual harian saja. Seringkali ada ungkapan, “yang penting sholat dari pada tidak sama sekali,” ucap beberapa orang. Ungkapan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena sholat memang kewajiban umat muslim yang harus dijalani. Namun, Allah pun mengingatkan kepada kita, tidak diterima sholatnya apabila dilakukan secara tidak benar. Allah menggambarkan orang tersebut seperti orang yang sedang bersiul dan tepuk tangan belaka. Artinya, tidak berarti sama sekali.


Ada banyak hikmah dari sholat. Secara tidak langsung dengan adanya perintah melaksanakan sholat, mendidik kita supaya disiplin dan menghargai waktu. Amalan sholat telah ditentukan batas waktunya, kita dituntut untuk melaksanakan sholat sesuai batas waktu tersebut. Tidak boleh melebihi atau melaksanakan sebelum waktunya. Allah sangat membenci umatnya yang lalai dalam melaksanakan sholat.

Bacaan sholat pun, sangat dalam makna kandungannya. Dalam shalat sebenarnya kita sedang berdialog dengan Allah. Memulai dengan pujian-pujian yang menjelaskan bagaiamana keagungan dan kedudukan Allah begitu tinggi. Kemudian, memohon agar senantiasa diberikan petunjuk yang lurus dalam mengarungi kehidupan dan memohon ampunan atas kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Banyak orang yang terjermus dalam kesesatan dikarenakan jauhnya rahmat dan petunjuk dari Allah.

BELI DISINI!!

Gerakan shalat bukanlah gerakan yang asal-asalan. Gerakan sholat yang telah dicontohkan oleh Rasul ternyata memiliki dampak bagi kesehatan tubuh kita. Telah banyak riset yang menjelaskan bahwa shalat akan menyebabkan kita menjadi lebih sehat. Gerakan sujud, menurut ilmu kesehatan, dapat mengalirkan darah kedalam otak kita. Darah tersebut mengandung oksigen yang dapat membuat pikiran menjadi jernih dan memkasimalkan fungsi kerja otak.

Sholat akan sesuai dengan peranannya yakni mencegah perbuatan keji dan mungkar apabila kita sebagai umat muslim mau menjalankan sholat dengan benar. Sholat yang benar tercermin dalam perilaku kesehariannya. Tanpa sholat bangunan yang disebut Islam itu akan roboh.

 

0 Komentar