Senjata Yang Paling Mematikan Adalah Pendidikan

 

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untukmembangun suatu peradaban. Peradaban yang maju tentunya didukung dengan pengelolaan pendidikan yang baik. Sekolah yang ada merupakan represntatif bagaiamana kualitas pendidikan terjadi. Sungguh miris, banyak sekali sekolah yang kurang dalam fasilitas dan beberapa sekolah tidak layak untuk dijadikan tempat belajar terutama didaerah pelosok. Tidak heran pendidikan yang diterima oleh masyarakat tidak merata.

BELI DISINI !!

Sepertinya pemerintah hari ini, harus banyak belajar kepada negara Jepang agar bisa lebih menaruh perhatiannya dalam sektor pendidikan. Secara historis, pada perang dunia ke 2, Jepang mengaku kalah oleh tentara sekutu setelah dibomnya kota Hirosima dan Nagasaki. Ada hal yang menarik setelah insiden tersebut. Kaisar Jepang pada saat itu, memerintahkan pejabatnya untuk mendata berapa banyak sekolah dan guru yang tersisa. Yang dipikirkan oleh kaisar itu, bukan tentang berapa banyak fasilitas yang hancur, bukan berapa banyak sumber pangan yang tersisa melainkan tentang pendidikan. Karena kaisar tersebut menyadari dengan sekolah dan guru yang tersisa akan membantu dalam pertumbuhan negara. Terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas akan membantu jepang kembali bangkit atas kekalahannya oleh tentara sekutu.

Penting untuk kita sadari bahwa pendidikan dapat menopang tumbuhnya suatu negara. Nelson mandela pernah berkata “pendidikan adalah senjata yang mematikan didunia, karena dengan pendidikan anda dapat mengubah dunia”. Bagaiamana dunia ini dapat berkembang? Tidak lain adalah dengan adanya manusia yang cerdas. Manusia yang cerdas akan berpikir secara efekif dan efisien serta mampu berpikir solutif. Menemukan solusi atas segala permaslahan yang terjadi.


BELI DISINI!!

Pendidikan di Indonesia mestinya harus mendapatkan perhatian yang lebih. Membenahi fasilitas sekolah yang membuat para siswa nyaman dalam mengikuti proses pembelajarannya. Metode yang digunakan pun harus adaptif menyelaraskan dengan kecenderungan karakter siswa generasi ini. Memajukan pendidikan Indonesia akan mendorong majunya kualitas sumber daya manusia.

 



0 Komentar