Bosen Persentasi Gitu-Gitu Aja? Ini Tips Agar Persentasi Menjadi Menarik

 

MANGGUMEDIA.COM - Selain aktif didalam kelas, mengikuti diskusi dengan baik, untuk mendapatkan tambahan nilai dari dosen adalah dengan memaparkan ide/gagasan yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari dengan melakukan persentasi. Dimana, persentasi sendiri tidak akan lepas dari Mahasiswa. Persentasi dengan pembawaan yang baik dan menarik tentu dapat menarik perhatian audiens dan menjadi point plus dari dosen. Namun, bagaimana cara membuat persentasi menjadi menarik?

Siapkan Bahan Materi Tayang Semenarik Mungkin

Di era revolusi industri 4.0 ini sudah banyak teknologi yang menunjang untuk membuat bahan tayang materi yang menarik, bisa menggunakan power point, canva, slide player, dll. Isi dari bahan materi ini adalah point-point penting yang akan dijelaskan, atau hal-hal yang perlu divisualisasikan menggunakan gambar, video, atau audio. Dalam setiap slide menggunakan kata yang tidak banyak minimal hanya  4-5 baris dengan ukuran font 12 dan menggunakan warna yang mudah dibaca disesuaikan dengan warna template, misalnya warna power point yang digunakan adalah biru maka hindari tulisan menggunakan warna biru. Perlu ditekankan, bahwa bahan materi ini adalah sebagai penunjang pembicara menjelaskan jadi tak banyak hal yang perlu dimasukan dalam setiap bahan materi yang ditayangkan.

Gunakan Template Bahan Materi Tayang yang Menarik dan Sesuai Tema

Gunakan template yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, misalnya materi yang akan disampaikan adalah mengenai hukum pidana, cari template yang memiliki unsur timbangan atau palu pengadilan. Bisa didownload secara gratis di slidesgo, freepik, atau canva.

Catat hal-hal yang akan disampaikan

Sebelum memulai presentasi mencatat point-point yang akan disampaikan agar tidak lupa, bisa ditulis dikertas, di post it, atau bahan materi yang dipakaikan stabilo. Ini sangat membantu untuk mengingat materi selanjutnya yang akan dijelaskan.

Membuka Presentasi dengan isu, fakta, dan data

Pada umumnya mahasiswa melakukan pembukaan presentasi dengan perkenalan dan langsung menyampaikan judul materi yang akan disampaikan. Untuk membuat pembukaan presentasi yang menarik, setelah perkenalan jelaskan terlebih dahulu isu, fakta, dan data materi yang akan disampaikan. Contohnya , judul yang akan disampaikan adalah Jinayat (Hukum Islam), maka jelaskan terlebih dahulu isu tentang hukum Jinayat seperti di Aceh dilakukan hukum cambuk untuk orang yang melakukan perzinahan. Usahakan menjelaskan isu, fakta, atau data yang terbaru dan menarik.

Menyebutkan Nama Audiens

Menurut Dr. Abdullah Al-Khathir orang akan senang jika dipanggil dengan nama-nama yang mereka paling sukai. Dalam menjelaskan contoh, libatkan nama audiens agar menarik perhatian. Dan apabila audiens mengajukan penjelasan sebutlah nama terbaiknya agar mereasa senang. Seperti terimakasih saudara Siti Aminah atas pertanyaannya, pertanyaan yang bagus rekan Ahmad, dll.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan baik dalam persiapan ataupun proses presentasi. Selain mendapat nilai yang baik, presentasi yang dilakukan mahasiswa ini bisa menjadi latihan untuk persiapan menghadapi dunia kerja, melatih public speaking, dan menjadi kemampuan yang baik untuk kehidupan dasar sehari-hari.


0 Komentar