5 Kunci Manajemen Waktu Lebih Efektif yang Harus Kamu Coba Sebagai Mahasiswa!


Manajemen Waktu

MANGGUMEDIA.COM - Manajemen waktu termasuk kedalam skill yang dapat dikembangkan oleh semua orang untuk menghadapi padatnya kegiatan, seperti mahasiswa. Sehingga mengatur waktu dengan baik harus dilakukan oleh setiap orang untuk mendukung pengembangan diri dengan cepat. Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar manajemen waktumu menjadi efektif!


1. Mengatur Stres

Tips yang pertama harus kamu kuasai adalah mengelola stres. Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki tekanan, tetapi coba ubahlah tekanan tersebut menjadi motivasi untuk menyelesaikan suatu tugas.

Jangan sampai tekanan yang ada akan membuat kamu menjadi stres sehingga sulit untuk berpikir jernih dan mengabaikan tugas. Hal ini karena stres umumnya akan memengaruhi kegiatan yang akan kamu lakukan sehingga berpengaruh pada manajemen waktu yang telah kamu susun.



2. Mengatur fokus

Mulailah belajar untuk selalu fokus dalam mengerjakan segala sesuatu. Jika kamu memiliki banyak tugas maka kamu harus menentukan prioritas dan fokus untuk menyelesaikan satu tugas tersebut.

Dengan pikiran yang terpusat kepada satu hal  untuk menyelesaikan satu tugas, maka kamu dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan lebih cepat. Efektifnya,  sebelum beralih ke tugas selanjutnya, kamu harus menyelesaikan tugas sebelumnya.



3. Membuat skala prioritas

Membuat skala prioritas berarti menentukan apa saja yang harus kamu lakukan dan apa saja yang seharusnya tidak dilakukan, mulai dari yang sangat penting sampai tidak penting. Skala prioritas yang telah disusun dapat memudahkan kamu untuk menyusun rencana kedepannya.



4. Membuat rencana

Perencanaan yang dibuat dari hasil analisis kepentingan tugas akan membuat kamu lebih mudah dalam mengerjakan tugas. Dengan adanya perencanaan, kamu sudah tau tugas aoa yang harus dikerjalan lebih dulu dan tugas apa yang harus dikerjakan selanjutnya. Perlu diingat, jika rencana tidak sesuai dengan yang terjadi maka itu adalah hal yang wajar. Sehingga berkaitan dengan point sebelumnya kamu harus bisa mengatur stres dan mengatur fokus untuk menyiapkan rencana selanjutnya.



5. Mengapresiasi diri

Terakhir, untuk mengatur waktu supaya lebih efektif adalah mengapresiasi hal baik yang sudah kamu lakukan. Sebagai contoh, apabila kamu telah selesai belajar untuk persiapan kuliah besok, maka beri dirimu hadiah dengan menggunakan sisa waktunya untuk beristirahat. Hal ini dapat menjaga kesehatan mental dan membuat kamu lebih termotivasi dalam belajar.


0 Komentar