Kamis, 19 Mei 2022

Tujuan Kesehatan Reproduksi



MANGGUMEDIA.COM - Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2014 Kesehatan Reproduksi yang menjamin setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan reproduksi yang bermutu, aman dan dapat dipertanggung jawabkan, dimana peraturan ini juga menjamin kesehatan perempuan dalam usia reproduksi sehingga mampu melahirkan generasi yang sehat, berkualitas yang nantinya berdampak pada penurunan Angka Kematian Ibu. Di dalam memberikan pelayanan Kesehatan reproduksi ada dua tujuan yang akan dicapai, yaitu tujuan utama dan tujuan khusus.

BACA JUGA: Sasaran Kesehatan Reproduksi

1. Tujuan Utama


Memberikan pelayanan kesehatan reproduksi yang komprehensif kepada perempuan termasuk kehidupan seksual dan hak-hak reproduksi perempuan sehingga dapat meningkatkan kemandirian perempuan dalam mengatur fungsi dan proses reproduksinya yang pada akhirnya dapat membawa pada peningkatan kualitas kehidupannya. 

2. Tujuan Khusus

a. Meningkatnya kemandirian wanita dalam memutuskan peran dan fungsi reproduksinya.

b. Meningkatnya hak dan tanggung jawab sosial wanita dalam menentukan kapan hamil, jumlah dan jarak kehamilan.

c. Meningkatnya peran dan tanggung jawab sosial pria terhadap akibat dari perilaku seksual dan fertilitasnya kepada kesehatan dan kesejahteraan pasangan dan anakanaknya.

Dukungan yang menunjang wanita untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan proses reproduksi, berupa pengadaan informasi dan pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan untuk mencapai kesehatan reproduksi secara optimal.



Tujuan diatas ditunjang oleh undang-undang kesehatan No. 23/1992, bab II pasal 3 yang menyatakan: “Penyelenggaraan upaya kesehatan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat”, dalam Bab III Pasal 4 “Setiap orang menpunyai hak yang sama dalam memperoleh derajat kesehatan yang optimal.
 

Nahh ini buat kalian Khususnya para remaja diluaran sana yang baru berumah tangga Pentingnya untuk menjaga Kesehatan Reproduksi ini buku buat referensi keluarga kalian untuk menjaga kesehatan reproduksi berbasis keluarga!! dibawah ini 👇 




Previous Post
Next Post

Manggumedia adalah media online referensi kaum kuliahan yang menyajikan artikel-artikel yang sedikit intelek namun tetap segar dan merangsang.

0 comments: