Halo Maba, Sudah Tahu 3 Organisasi Kampus Ini?


MANGGUMEDIA.COM - Bagi kamu calon-calon mahasiswa baru pasti sudah penasaran terkait organisasi dan kepanitiaan apa saja yang bakal bisa kamu ambil selama di perguruan tinggi. Apalagi untuk kamu yang belum bisa move on dari organisasi di sekolah dulu.

Selain karena keseruannya, bergabung menjadi anggota organisasi juga banyak manfaatnya. Oleh karena itu, kamu wajib banget untuk tahu apa saja organisasi yang umumnya tersedia di kampusmu. Untuk lebih jelasnya berikut ini langsung saja kita simak di antaranya ada 3 organisasi yang berada naungan kampus.
BACA JUGA: Ikut Organisasi Kampus, Untung Atau Rugi?

1. Badan Mahasiswa Eksklusif (BEM)


Badan Mahasiswa Eksekutif (BEM) merupakan organisasi intra kampus yang paling terkenal. Di beberapa kampus di Indonesia bisa menyebutnya Keluarga Mahasiswa (KM).

Organisasi ini memiliki kementrian dan departemen untuk membantu melaksanakan progam-progamnya. BEM dapat mencakup satu fakultas atau satu perguruan tinggi. Ibarat di sekolah SMA dulu BEM ini bisa dikatakan sebagai OSIS dari perguruan tinggi.

2. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

HMJ adalah organisasi pada tingkat jurusan atau progam studi. Organisasi ini berfungsi sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangkan diri di tingkat jurusan. Selain itu, HMJ juga berfungsi sebagai fasilitator bagi anggota himpunan di bidang profesional untuk membantu mereka di lingkungan pekerjaan kelak.

  • BELI Buku aja loh bisa dapet beasiswa!! 😇👇 yakin gamau ?


 

3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Sederhananya, organisasi ini hampir sama dengan kegiatan ekstrakulikuler di masa SMA dulu. UKM mewadahi minat dan bakat serta keahlian tertentu dari mahasiawa di luar dari jurusan. Contoh dari UKM ini seperti UKM Seni Budaya, UKM olahrga, dan UKM khusus seperti Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), Pramuka, dan banyak lagi.

Nah, itu tadi sekilas info tentang organisasi-organisasi yang ada di perguruan tinggi. Kamu mungkin sudah mendapatkan bayangan dari penjelasan tadi, bukan? Kalau sudah, mulai sekarang kamu bisa pilih-pilih, nih kira-kira mana organisasi yang paling menarik bagimu?





Sumber gambar: Pixabay.com

0 Komentar