Unsur Pokok Pembangunan Pertanian


MANGGUMEDIA.COM -- Pembanguan sektor pertanian tentu sudah menjadi kewajiban pemerintah. Namun, dalam pembanguan sektor pertanian tidak bisa dilakukan perbidak atau perunsur saja. Pembanguan sektor pertanian harus dilakukan menyeluruh dan bersamaan dalam satu waktu dari berbagai unsur pokok pertanian.

Unsur-unsur pertanian pokok, adalah:

a)      petani dan keluarganya,

b)      sumber daya alam,

c)       teknologi, dan

d)      lingkungan sosial-budayanya.

BACA JUGA: Pengertian Kelompok Tani

Keempat unsur ini menjadi satu kesatuan yang saling terkait dan mempengaruhi. Petani dan keluarga petani serta generasi penerusnya tentunya perlu diletakkan sebagai unsur sentral yang seharusnya memperoleh manfaat terbesar dari pembangunan pertanian.

Kualitas petani dan keluarganya perlu memperoleh prioritas agar mampu melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap perubahan kondisi lingkungan yang melingkupinya. Tanpa adanya perbaikan kualitas petani dan keluarganya, maka berbagai peluang yang muncul dari proses pembangunan akan tidak mampu diraihnya. Apabila hal ini terjadi berarti pembangunan sebagai proses yang memerdekakan rakyat telah gagal mencapai tujuannya.

Intinya, pembangunan pertanian dan pedesaan perlu dilakukan secara paripurna, terintegrasi, dan sinergi. Setiap unsur atau komponen yang menjadi landasan pertanian perlu dikembangkan dengan optimal.




Yopi ImanuelIsmeil ,Teknik dan Strategi PenyuluhanPertanian Era Kreatif ( Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2019)

 

0 Komentar