Desentralisasi

MANGGUMEDIA.COM - Desentralisasi merupakan salah satu instrumen untuk mencapai tujuan bernegara. Utamanya, memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Desentralisasi dapat menciptakan proses pengambilan keputusan publik yang lebih demokrasi pada tingkat daerah.

Melalui instrumen desentralisasi, akan terwujud pelimpahan wewenang dan kekuasaan pada tingkat pemerintahan yang lebih rendah untuk melakukan pembelanjaan, memungut pajak, dan kepala daerah dipilih langsung oleh rakyatnya. desentralisasi diyakini dapat membawa pemerintah daerah akan lebih dekat dengan rakyatnya. Sehingga akan mendorong lahirnya kerja sama yang sinergi antara keduanya.

BACA JUGA: Peran Aktor Politik Dalam Memainkan Anggaran

Dorongan desentralisasi di berbagai negara di dunia, terutama di negara-negara berkembang, dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: latarbelakang atau pengalaman suatu negara, pengaruh dari globalisasi dunia, kemunduran dalam pembangunan ekonomi, tuntutan terhadap perubahan tingkat pelayanan masyarakat, tanda-tanda adanya disintegrasi di beberapa negara, dan respon terhadap banyaknya kegagalan yang dialami oleh pemerintahan, sentralisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang efektif. Belum lagi adanya keterlambatan dalam memberikan respon terhadap tuntutan rakyat.

Dengan adanya desentralisasi, pemerintah daerah lebih cepat respon terhadap warga masyarakatnya. Sehingga, keputusan yang diambil lebih merefresentasikan kebutuhan dan keinginan masyarakat di daerah tersebut.

Referensi:

Rabina Yunus, Sistem Keuangan Daerah (Bandung:Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2021) 

0 Komentar