Tips Agar Seimbang antara Akademik dan Organisasi di Kampus

 

sumber: pixabay.com

Kehidupan kampus bukan hanya seputar belajar dan mendapat IP tinggi, disisi lain ada kegiatan organisasi. Meskipun sifatnya pilihan mengikuti organisasi juga dapat menjadi nilai tambah ketika kamu memasuki dunia kerja.

Namun tidak semua mahasiswa dapat membagi waktu nya dengan baik, sebagian merasa kesulitan mengatur waktu dan kewalahan. Bahkan ada yang memilih untuk meninggalkan salahsatunya, padahal keduanya merupakan hal yang penting.

Inilah solusi agar antara akademik dan organisasi seimbang.

1.      Tentukan skala prioritas, saat kuliah maka fokuslahkuliah, saat organisasi fokuslah organisasi, namun apabila terjadi benturan kembali ke skala prioritas di awal.

2.     Pilih organisasi sesuai dengan passion supaya ketika kuliah mu sedang padat kamu akan tetap nyaman.

3.     Rancanglah agenda, misalkan membuat agenda setiap hari atau setiap minggu, agar kegiatanmu tidak berbenturan dan kamu bisa mengatur agendamu dengan baik.




4.    Perhatikan dan catat materi di kelas, karena waktu yang dimiliki jika mengikuti organisasi akan lebih sedikit, sehingga kamu harus lebih memperhatikan materi kelas dengan baik.

5.     Evaluasi diri setiap harinya agar kamu bisa mengukur kemampuan kamu sampai mana, jangan melebihi batas kemampuanmu karena sesuatu yang dipaksakan akan membuatmu kewalahan.

Nah itulah solusi supaya akademik dan organisasi seimbang, apakah kamu mampu melakukan keduanya? Semua pilihan ada di tanganmu.

0 Komentar