Sulit Mengambil Keputusan? Ini Solusinya

Ilustrasi : Createlucklv.com

Dalam kehidupan seringkali kita dihadapkan dengan pengambilan keputusan, sebab sebagai manusia rata-rata kita mengambil hingga 20.000 keputusan per hari-nya. Pada kehidupan, kita memang selalu dituntut untuk mengambil keputusan terutama untuk diri sendiri. Sebagai contoh ketika hendak masuk kuliah kita pasti bingung akan mengambil jurusan apa? akan kuliah dimana? Dan kebingungan lainnya yang mengharuskan kita untuk mengambil sebuah keputusan.

BACA JUGA : Asuhan Keperawatan Spititual Dalam Islam Dengan Talkin, Apa bedannnnnya

Pengambilan keputusan tidak hanya ada pada kehidupan sehari-hari namun ada juga pada kehidupan berorganisasi. Saat menjalankan sebuah organisasi maka kita sangat membutuhkan orang yang bisa mengambil keputusan. Orang itu adalah yang memiliki keterampilan problem solving. Contohnya ketika sebuah organisasi memiliki sebuah tujuan maka setiap anggota harus mendiskusikan beberapa keputusan agar tujuan itu dapat tercapai. Lalu pemimpin organisasi tersebut harus bisa menetapkan mana keputusan yang akan diambil untuk mencapai tujuan itu.

Saat hendak mengambil keputusan yang tepat maka kita harus bisa memecahkan masalah dengan baik. Karena suatu keputusan akan sangat berpengaruh pada masa yang akan datang serta harus dipikirkan secara matang. Namun terkadang saat pengambilan keputusan seringkali kita menggunakan cara yang salah yaitu tidak berpikir panjang atau memilih untuk menundanya lalu pada akhirnya tidak ada keputusan yang diambil. Hal itulah yang membuat kita menyesal di masa depan.

Lantas bagaimana solusinya?

Maka dari itu kita harus memahami terlebih dahulu apa itu pengambilan keputusan dan tahu cara mengambil keputusan dengan teknik yang tepat, lalu mengetahui peranan dan seberapa pentingnya sebuah pengambilan keputusan pada kehidupan kita.


Buku Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan karya Sri Widodo Soedarso sangat tepat untuk anda yang ingin memahami bagaimana teori serta teknik pengambilan keputusan dan ingin mengetahui seberapa penting sebuah pengambilan keputusan. khususnya untuk mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan Teori Pengambilan Keputusan. Buku ini juga disusun sebagai dasar pemahaman tentang peranan dan pentingnya pengambilan keputusan. Dimana metode penyampaiannya menggunakan pendekatan student centered learning.

 

 

0 Komentar