Pengertian Sosiologi Menurut Pakar

sumber : kumparan

Kata “sosiologi” berasal dari bahasa Latin. Yaitu, “socius” yang artinya teman atau kawan dan “logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari jaringan hubungan anata manusia dalam masyarakat. Sosiologi mempelajari masyarakat yang komplek atas kekuatan, hubungan, jaringan, dan interaksi.

Sudut pandang terhadap sosiologi tentu dipengaruhi oleh latar belakang yang memandangnya. Tidak heran jika banyak pakar yang mengartikan sosiologi yang berbeda tetapi tetap dalam satu intisari. Yaitu hubungan manusia dengan manusia lainnya. Berikut beberapa pengertian sosiologi menurut para pakar atau ahli:

1. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi sebagai ilmu masyarakat mempelajari tentang struktur sosial. Yakni, seluruh jalinan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, seperti kaidah-kaidah sosial, kelompok-kelompok dan laipsan-lapisan sosial. Artinya, sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari proses sosial. Yaitu, pengaruh timbal balik antara berbagai kehidupan bersama.

2. P.J. Bouman

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antara sesame manusia, antara individu dengan kelompok, sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial.

3. Pitirim Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial.

BACA JUGA : Contoh Kajian Sosiologi Dalam Kehidupan Sehari - hari

4. Roucek dan Werren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan anatar manusia dalam kelompok-kelompok.

5. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

6. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

7. Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahamitindakan-tindakan sosial.

8. Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang memutuskan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

9. Soejono Soekanto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

10. William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan prilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

11. Allan Jhonson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

 

Itulah beberapa pengertian sosiologi menurut para pakar atau ahli. Yang pasti, sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang menelisik mengenai sosial kemasyarakatan.

 


Referensi:

Sakaria To Anwar. 2021. Sosiologi Birokrasi untuk Masyarakat Benua Maritim. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

0 Komentar