Pencetus Sosiologi Pertama

 

GuruPendidikan.com

Sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antar manusia. Hubungan tersebut bisa perupa hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan masyarakat. Objek kajiannya adalah masyarakat.

Dalam kehidupan, setiap manusia secara individu maupun kelompok akan selalu berinteraksi dengan individu atau kelompok masyarakat lainnya. Interaksi tersebut dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Interaksi yang dimaksud tentunya mengarah pada pemenuhan kebutuhan hidup individu maupun kelompok dalam hal ekonomi maupun nonekonomi.

BACA JUGA : Contoh Kajian Sosiologi Dalam Kehidupan Sehari - hari

Anda tahu siapa pencetus sosiologi pertama? Tentunya bukan orang Indonesia. Dan, bahkan bukan pula orang Asia Tenggara. Dari manakah dia?

Auguste Comte seorang filusuf dari Prancis. Kata “sosiologi” disinggung beliau pertama kalinya di buku karyanya yang berjudul Cours de la Philosovie Positive. Menurutnya, sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Karena beliau pencetus pertama kali nama sosiologi, maka beliau dijuluki sebagai bapak sosiologi.

Pendapat Aguste Comte bahwa sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan apabila mengembangkan suatu krangka pengetahuan yang tersusun dan teruji yang didasarkan pada penelitian ilmiah. Sosiologi harus didasarkan pada bukti-bukti dan metode-metode ilmiah.



0 Komentar