Karyawan Termasuk Mesin Atau Apa

 

Sumber : Pixabay

Karyawan dalam sebuah perusahaan bagi sebagian pengusaha mengganggap bahwa mereka itu merupakan komponen lain yang disamakan dengan peralatan. Artinya, karyawan dianggap layaknya sebagai sebuah mesin yang berfungsi menjalankan suatu pekerjaan yang dibutuhkan atau dikerjakan sebagai kegiatan usaha perusahaan tersebut.

Karena anggapannya bahwa karyawan sebagai mesin, maka dalam menjalankan usaha atau pekerjaan harus mampu menghasilkan produk yang maksimal dan tidak mengurangi kualitasnya. Pada gilirannya, karyawan dipaksa untuk menjalankan pekerjaan tersebut dengan tegang dan terpaksa. Mengerjakan pekerjaan tersebut penuh dengan ketegangan. Karena merasa adanya ketakutan jika hasil pekerjaannya tidak mencapai target. Jika tidak mencapai target, sudah pasti akan berefek pada pendapatan yang akan mereka terima pada setiap bulannya. Belum lagi mendapatkan rapot merah dari atasannya, yaitu berupa surat teguran atau bahkan sampai dengan pemecatan.

Baca juga : Dampak Globalisasi Ekonomi

Kalau melihat dari kasus-kasus tersebut, tentu memandang karyawan bukan lagi bagian dari perusahaan tersebut sebagai asset. Tetapi lebih cenderung mereka itu sebagao mesin yang jika rusak atau sudah tidak terpakai lagi maka bisa diganti dengan mesin baru.


Memperlakukan karyawan adalah hal yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis. Perlakukanlah mereka sebagai rekan kerja yang dengan adanya mereka perusahaan bisa berjalan dengan maksimal. Jika seorang karyawan belum mampu menjalankan pekerjaannya dengan baik dan maksimal, sebaiknya Anda melakukan pembinaan terhadap karyawan tersebut. Pembinaan di sini adalah memberikan pendidikan dan pengetahuan lebih kepada karyawan secara bertahap agar dirinya mampu meningkatkan kualitas keahliannya.

Untuk menjalankan hal tersebut, perlu kiranya Anda sebagai pengusaha atau calon pengusaha untuk mengetahui bagaimana membina dan merencanakan sumber daya manusia bagi perusahaan Anda.



Buku karya Nurmansyah yang berjudul Perencanaan Sumber Daya Manusia Perusahaan merupakan buku paduan yang berisi mengenai teknik dan cara bagaimana membina dan merencanakan sumber daya manusia di perusahaan Anda dengan baik dan benar. Sehngga akan menghasilkan karyawan yang berkualitas dan memiliki skill yang mantap. Otomatis efek terhadap perusahaanpun akan telihat dan terasa secara signifikan. Perusahaan akan mengalami peningkatan kea rah yang lebih baik. Pendapatan perusahaanpun akan meningkat dengan tajam. Begitu juga dalam soal biaya yang harus dikeluarkan, maka akan memberikan efek bahwa biaya yang dikeluarkan akan lebih efektif dan efesien.

Referensi

Nurmansyah Perencanaan Sumber Daya Manusia Perusahaan, (Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2021)

0 Komentar