Air Bersih Lebih Mahal dari Bahan Bakar


Perkembangan suatu wilayah tentu dibarengi dengan perkembangan teknologi serta perekonomian. Semakin majunya suatu daerah akan diiringi dengan semakin berkembangnya teknologi sebagai fasilitas masyarakatnya. Begitu juga dengan ekonomi, tentu akan mengikuti perkembangan daerah atau wilayah tersebut. Sehingga perputaran uang akang seimbang dengan perputaran manusia yang mengejar karunia Tuhan berupa rezeki. 

Dari perkembangan daerah tersebut tentu menjadikan daerah sebagai tujuan utama para perantau dari daerah lain yang bisa dikatakan belum maju atau berkembang dengan baik. Tujuannya adalah untuk mengadu nasib, mencoba keberutungan mencari rezeki yang perputaran ekonomi dan perkembangan teknologinya sangat baik. 

Dari itu semua, tentu di sisi lain sangat menggembirakan. Namun, ada sisi yang menjadi masalah. Saah satunya adalah masalah air bersih. 

Di wilayah atau daerah yang secara signifikan perkembangan teknologi dan ekonominya berkembang dengan baik, tentu ada masalah yang berkaitan dengan hajat hidup manusia yang tidak bisa lepas dari komponen tersebut. Air bersih meupakan suatu kompnen penting yang menjadi masalh di daerah yang sudah berkembang. Dimana airbersih sangatlah diperlukan karena memang gampang-gampang susah untuk mendapakanya. 

Air permukaan yang banyak ditemukan di sungai atau di beberapa tampungan air lainnya sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Jangankan untuk diminum atau dimasak, untuk sekedar membersihkan kaki saja dari kotoran yang menempel di kaki tentu sudah tidak lagi bisa. Hal ini tentu air tersebut sudah sangat tercemar oleh limbah. Warnanya sudah tidak jernih lagi, bahkan cenderung kehitam-hitaman. Sedangkan baunya mengeluarkan aroma tidak sedap.

Air yang sudah tercemar tersebt tentu tidak begitu saja terjadi. Banyaknya limbah rumah tangga dari setiap rumah atas aktivitas rumah tangga akan penggunaan air membuat air kali menjadi berubah. Belum lagi industri yang membuang limbahnya ke sungai membuat air sungai menjadi berubah warna dan mengeluarkan bau yang tdak sedap. Air seperti ini tidak mungkin untuk bisa dikonsumsi.

Akhirnya, penduduk daerah tersebut terpaksa menggunakan air tanah yang kedalamannya mencapai 80 meter di bawah permukaan tanah. Sementara untuk mendapatkan air tersebut tidak semua penduduk bisa mendapatkannya dengan mudah.karena harus menggunakan atau mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Pada akhirnya, kebanyakan dari penduduk tersebut terpaksa membelinya kepada orang yang mampu mengambil air tersebut. 

Nah…, di ini air bersih menjadi sangat berharga. Air bersih tidak lagi didapatkan dengan cara gratis atau cuma-cuma.tetapi mendapatkannya harus dengan biaya. Biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Banyak diantara mereka yang merasa berat dalam memenuhi kebutuhan akan air bersih (berat dalam hal biaya). 

Permasalahan tersebut tentu harus dicari jalannya sebagai solusinya. Hal ini tentu sebagai jalan keuar dalam mengatasi permasalahan akan air bersih.

Pengelolaan air bersih tenu merupakan solusi terbaik bagi permasalahan tersebut. Pengelolaan air secara umum dan air bersih secara khusus sangat diperlukan bagi suatu daerah. Artinya, pengelolaan tersebut tidak hanya air bersih saja, tetapi juga air secara umum. Bagaimanapun air pastinya saat dibutuhkan dan sebagai sumber kehidupan utama. 

Pengelolaan air ini tentu dibutuhkan wawasan dan metode atau bisa dibllang teknik pengelolaan. Buku Dasar-Dasar Pengelolaan Air dan Limbah Cair karya Bambang Hari Prabowo, ST., MT. merupakan buku panduan mengenai bagaimana pengelolaan air dan limbah cair. Pengelolaan air tersebut tentu secara umum, baik air sungai, air bersih, air tanah, air rumah tangga, air hujan, dan air lannya. Bagi Anda yang memiliki kepentingan dalam hal air atau bagi Anda yang merasa bahwa air sebagai sumber kehidupan Anda, maka penting kiranya Anda tau bagaimana pengelolaan air yang baik dan benar. Saya sarankan kepada Anda untuk membaca dan mempelajari buku tersebut. Bagaimanapu kehidupan Anda pasti memerlukan yang namanya air. Pastinya Anda harus mampu mengelola air dengan baik di rumah dan lingkungan Anda. Jangan sampai Anda dan lingkungan Anda menanggung akibat dari ketidakbenaran dalam pengelolaan air. 


 

Dasar-Dasar Pengolahan Air dan Limbah Cair karya Bambang Hari Prabowo, ST., MT.

0 Komentar