PTN Tanpa Uang Pangkal, Cek Daftar PTN-nya

MANGGUMEDIA.COM - Uang pangkal atau bisa juga disebut Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau uang gedung merupakan biaya kuliah yang hanya dibayarkan ketika awal penerimaan di suatu perguruan tinggi negeri.

Uang pangkal ini diberlakukan bagi calon mahasiswa uang berhasil lolos dari jalur mandiri. Akan tetapi, ada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang tidak memungut biaya uang pangkal ini, lho. Siapa saja PTN tersebut berikut adalah daftarnya.
BACA JUGA: Daftar 18 PTN Jalur Rapor Dan Prestasi Yang Masih Buka, Kamu Sudah Daftar?
1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) tidak menerapkan adanya pembayaran uang pangkal bagi mahasiswanya yang masuk jalur SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri. Mahasiwa hanya cukup membayar UKT saja yang besarnya sesuai dengan penghasilan orang tua.

2. Universitas Islam Negeri (UIN)


Berdasarkan keputusan Menteri Agama No 151 Tahun 2019, perguruan tinggi Keagamaan Negeri termasuk Universitas Islam Negeri (UIN) tidak diperkenankan memungut uang pangkal dan pungutan lainnya. Pihak PTN hanya diperbolehkan untuk mengambil pembayaran dari UKT dari mahasiswa baru program diploma dan progam sarjana.


"Ayo gays buruan ikutan Program Beasiswa Penerbit Manggu Sekarang juga".!!




3. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia melalui SIMAK UI S1 Reguler juga membebaskan mahasiswanya untuk mengeluarkan uang pangkal. Kecuali bagi mereka yang sedang diterima Vokasi (D3 dan D4), S1 Pararel dan S1 Kelas Internasional maka akan diberlakukan uang pangkal pada saat pertama kali penerimaan.

4. Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Sama seperti sebelumnya, Universitas Sriwijaya (UNSRI) juga tidak dibebankan uang pangkal kecuali jurusan Pendidikan Dokter. Meskipun begitu perlu diketahui bahwa biaya jalur mandiri ditetapkan lebih besar dari UKT level tertinggi.

Dengan tidak diberlakukannya pembayaran uang pangkal ini tentu banyak para mahasiswa yang terbantu untuk masuk PTN. Semoga PTN-mu termasuk salah satunya, ya. Demikian informasi kali ini semoga bermanfaat.


 

Sumber gambar: detik(dot)com


0 Komentar