Pandangan Politik

 

Sumber - pixabay

Berbicara mengenai politik tentu akan berbeda antara satu individu dengan individu yang lain. Hal ini tergantung dari sudut pandang mana individu tersebut melihatnya. Jika dikelompokan, politik memiliki beberapa sudut pandang, yaitu: pandangan klasik, pandangan kelembagaan, pandangan kekuasaan, pandangan fungsionalisme, dan pandangan konflik.

1. Pandangan Klasik

Politik adalah usaha-usaha yang ditempuh oleh warga Negara untuk membicarakan dan mewujudkan kebaikan bersama. Salah satu tokoh politik pandangan kelasik adalah Aristoteles.

2. Pandangan Kelembagaan

Politik ialah segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Negara dan pemerintahan. Salah satu tokoh politik pandangan kelembagaan adalah Max Weber.

Baca juga : Perlakuan Karyawan Oleh Perusahaan

3. Pandangan Kekuasaan

Politik adalah sebagai segala kegiatan yang diarahkan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat.Salah satu tokoh politik pandangan kekuasaan adalah Robson.

4. Pandangan Fungsionalisme

Politik adalah sebagai kegiatan yang berkaitan dengan perumusan dan pelaksanaan kebijakan umum. Salah satu tokoh politik pandangan fungsionalisme adalah David Easton dan Harold Lasswell.


5 Pandangan Konflik

Politik adalah sebagai konfilk dalam rangka mencari dan/atau mempertahankan sumber-sumber yang dianggap penting.

 


Referensi

Burlian Senjaya dan Suryawahyuni Latif, MemahamiPolitik, (Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2019)

0 Komentar