Karakteristik Ayam Broiler


 Ayam broiler atau ayam pedaging adalah ayam ras yang tumbuh cepat. Sehingga, dapat menghasilkan daging dalam waktu relatif singkat.yaitu sekitar 5 sampai 7 minggu.

Ayam broiler sering disebut dengan ayam ras pedaging. Istilah ini untuk menyebut strain ayam hasil budidaya teknologi. Ayam broiler memiliki karakteristik ekonomis. Ciri khasnya adalah pertumbuhannya sangat cepat. Sehingga, menghasilkan daging yang cepat pula.

Baca juga : Bisnis Ternak Ayam Broiler Menjanjikan

Pertumbuhan ayam broiler sangat pesat di usia 1 – 5 minggu. Pada usia 6 – 7 minggu sudah bisa dipasarkan. Bobot rata-rata ayam broiler siap dipasarkan di kisar antara 1,3 – 1,4 kg per ekor.

Ciri khas ayam broiler adalah:

a. Rasanya enak dan khas.

b. Pengolahannya mudah, tetapi mudah hancur dalam proses perebusan yang lama.

Ayam broiler mempunyai peran yang penting sebagai sumber protein hewani. Hal ini terlihat dari kandungan gizi. Tidak heran jika daging ayam sebagai bahan konsumsi yang banyak diminati.  Apalagi daging ayam broiler memiliki tekstur lembut, empuk dan gurih.

Untuk lebih lengkapnya membahas mengenai ternak ayam broiler dan ingin menjalankan bisnis ternak ayam, bisa And abaca buku karya Prayogi Sunu yang berjudul Manajemen Ternak Unggas. Dalam buku tersebut dibahas mengenai cara dan teknik bisnis ungags dari awal persiapan, pemilihan bibit, proses produksi, sampai proses pemasaran.

Referensi

Prayogi Sunu Manajemen Ternak Unggas,  (Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2022)

0 Komentar