Arti Politik Menurut Pakar

 

sumber : freepik

Menurut Budiharjo, dalam bukunya Burlian Sanjaya dan Suryawahyuni Latif yang berjudul Memahami Politik, politik adalah berbagai macam kegiatan dalam suatu Negara yang menyangkut proses menentukan tujuan suatu Negara.

Menurut Aiyub, Politik adalah seni atau ilmu tentang pemerintahan atau pemerintah yang memiliki aktivitas menguasai dan memelihara khusus antara manusia yang hidup bersama melalui aturan, kewenangan dan kekuasaan.

Menurut Aminah, Politik adalah sebagai suatu kegiatan untuk menciptakan tatanan masyarakat yang teratur, baik, dan memajukan masyarakat dengan membuat keputusan yang mengikat semua individu yang berada dalam satu wilayah.

Baca juga : Pendidikan Islam Di Indonesia, Mau Dibawa Kemana ?

Menurut Toha, Politik adalah unsur yang terdiri dari atas orang-orang yang berperilaku dan bertindak politik yang diorganisasikan secara politik oleh kelompok-kelompok kepentingan dan berusaha mencoba mempengaruhi kepentingan dan berusaha untuk mengambil dan melaksanakan suatu kebijakan dan tindakan yang bisa mengangkat kepentingannya dan menyampaingkan kepentingan kelompok lain.

Menurut Rod Hague, Politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana suatu kepompok mencapai keputusan-keputsan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui upaya melakukan perdamaian terhadap perbedaan di antara anggota-anggotanya.

Menurut Andrew Heywood, Politik adalah kegiatan dalam suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan dan mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya dan tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerja sama.

Mau Beasiswa Kuliah ? klik disini 


Referensi

Burlian Senjaya dan Suryawahyuni Latif, Memahami Politik, (Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2019)

0 Komentar